December 03, 2013

alhamdulillah hari ini saya "disentil" lagi..

alhamdulillah allahuakbar, saya merasa Allah sgt sayang dama sayang, gimana enggak? saya yg cuma seupil dari sluruh ciptaanNya tapi perhatianNya rasanya ga pernah putus.. subhanallah.

hari ini pertama kalinya (slama saya kerja di rs) berkesempatan u merujuk pasien ke tmpt dulu saya blajar: rsud dr.sutomo (RS tipe A : rumah sakit pemerintah pusat rujukan Indonesia Timur)
knp bgitu istimewa sampe sy nulis lg d blog? krn sy dulu berproses di rsud itu.. rsds adalah almamater saya. dan sdh ckp lama ga nengokin juga..

setelah sampe sana (tentu dgn sblmnya dijutekin ama ppds res hehe), lgsg aja masuk ke res krn pxnya emg rada ga stabil gt.. dateng kok ya alhamdulillah ternyata dokter res nya baek bingits.. yg dtelpon judes pun ternyata stlh tau kondisi px sesuai ama yg sy laporin eh ternyata baik.. intinya krn px itu ga cukup gawat u standar res, diputuskan u dirawat sejawat lain.. krn emg pasiennya kompleks, perlu waktu u nentuin siapa dokter utama yg merawat... meskipun lama, saya bersyukur dokter triage adalah tmn saya SD, dan dokter ppds interna yg akhirnya merawat px saya luar biasa baiknya.. 

baru kali ini- saya melihat dari sisi kluarga pasien- saya merasakan mondar-mandir mencari kejelasan siapa yg merawat, menanti administrasi, menanti perawat di ird yg sblm renovasipun sdh sempit , apalagi skrg yg sdg direnovasi.. saya  merasakan 2 jam itu cukup melelahkan, apalagi nanti kluarganya yg hrs bolak balik antri obat, antri periksa lab, antri periksa radiologi.. antri u masuk ruangan.. ya Allah terima kasih Engkau ingatkan aku untuk bersyukur atas segala  kesehatan dan semua yang serba tidak pernah kekurangan..

dari sisi seorang individu yg jg diamanahi sbg dokter, saya ingin menangis rasanya , ga tega liat betapa fasilitas kesehatan yg kami miliki, tenaga yg kami miliki tdk seimbang dgn pasien yg harus kami layani.. tak pelak memang kami akui, bnyk pasien merasa terlantar.. pdhl saya tau, ppds2 itu sdh berjuang semaksimal mgkn yg mereka bisa.. lihatlH jas putihnya yg mulai lusuh, wajahnya yg kuyu, mungkin mereka blm sempat makan, mereka meninggalkan kluarga di rumah, mereka mgkn besok ujian atau maju ilmiah.. dan semua yg mereka abdikan di ird ini gratis tanpa digaji.. semoga sejawat2 sklian diberikan rejeki sehat selalu dan diberi klancaran dalam studiny.. amin

saya "disentil" lagi sama Allah...
beberapa bulan terakhir, saya merasa tidak semangat lg akan profesi saya. slalu ketiban sampur, kna marah kobsulen, rawan tuntutan, ga dihargai, gaji jauh dari akal nalar.. 
tetapi hari ini, Allah seolah mengingatkan lagi indahnya jadi seorang dokter. keindahan yg mgkn sempet tertutup bbrp waktu terakhir.. betapa ppds2 itu (kepaksa ato ga) tapi tetep memberikan yg terbaik.. meski muka uda kuyu, badan uda lemes, tp mereka pgn yg terbaik u pasienny.. dan bagaimana rasanya ketika saya yg cuma mengantar pasien diterima kasihi keluarga pasien sampe mbungkuk2 pdhl saya cm nganter ke rs yg dsana entahlah nasibnya mlh tak kunjung tentu.. subhanallah.. banyak rasanya hikmah yg saya dapat hari ini.. 
saya dipertemukan dgn org2 luar biasa.. terima kasih Ya Allah, maafkan hamba yg kadang lupa bersyukur akan hal2 yg terlihat kecil tp ternyata besar.. 
semangat u semua sejawat, Allah selalu menjaga kita semua, amin.. :)

-pulang dari ngrujuk sutomo, 3des2013
22.31

No comments:

Post a Comment